Sisi Lain Globalisasi

gloKata globalisasi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kebanyakan orang mengartikan kata globalisasi dalam konotasi negatif seperti gambar disamping ini, padahal ada banyak hal positif yang bisa kita ambil dari globalisasi sendiri.

Saat ini globlisasi merambah tiga area penting, yaitu area politik, ekonomi, dan budaya. Indonesia merupakan bagian dari bangsa dunia yang tidak hidup sendiri melainkan hidup dalam satu kesatuan masyarakat dunia.  Masyarakat atau bangsa yang tidak dapat memanfaatkan peluang dan tidak siap menghadapi tantangan-tantangan global yang bersifat multidimensi akan menjadi korban yang tenggelam di tengah arus globalisasi.

Dilihat dari bidang politik, dampak positif yang dibawa globalisasi antara lain

  1. Menyadari prinsip-prinsip demokrasi.
  2. Negara-negara berkembang bisa belajar tentang sistem pemerintahan dari negara maju, sehingga Negara-negara berkembang dapat memperbaiki sistem pemerintahannya.
  3. Kerjasama antar negara terjalin lebih baik dan lebih sering dilakukan, yang dapat menguntungkan kedua belah pihak negara yang melakukan kerjasama internasional dan kerjasama yang baik akan membuat bangsa Indonesia dikenal bangsa-bangsa lain, sehingga tidak terasing oleh masyarakat dunia.

Di bidang kebudayaan globalisasi juga menyumbang dampak positif untuk bangsa Indonesia. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal, baik nilai-nilai maupun persepsi yang berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan/psikologis. dampak positifnya antara lain:

  1. Globalisasi membawa beraneka ragam budaya dimungkinkan mempengaruhi pola pikir, tingkah laku, dan sistem nilai masyarakat suatu Negara.
  2. Meningkatnya etos kerja yang tinggi, bekerja keras, disiplin, mandiri, rasional, sportif, dan meningkatnya pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola berfikir, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa yang telah maju.

Di bidang ekonomi globalisi membawa dampak-dampak positif yang dapat meningkatnya taraf hidup di dalam masyarakat di negara berkembang antara lain:

  1. Meluaskan pasar untuk produksi dalam negeriMudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia
  2. Memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
  3. Membuka lapangan kerja. Globalisasi mempermudah tenaga kerja yang ingin bekerja di luar negeri dan juga mempermudah para pekerja asing yang ingin bekerja di Indonesia. Tenaga yang bekerja di luar negeri merupakan sumber devisa yang menjanjikan, sedangkan pekerja asing yang bekerja di Indonesia menyebabkan adanya pertukaran ilmu pengetahuan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa arus globalisasi yang kian deras ini memberikan dampak negatif pula. Bangsa Indonesia harus mampu menyeleksi dengan baik dan teliti segala bentuk pengaruh dari luar yang masuk ke negara Indonesia, karena Indonesia tidak mungkin menutup diri dari pengaruh internasional dan diperlukan iptek yang canggih dari luar untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangannya dalam pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang. Menurut saya upaya yang bisa ditempuh untuk mencegah pengaruh negative globalisasi, yang harus dilakukan Indonesia antara lain:

  1. Menjunjung tinggi Pancasila. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung nilai-nilai kepribadian luhur dan pandangan hidup bangsa. Bila masyarakat mampu memegang teguh pancasila maka bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan tenggelam dalam arus globalisasi. Selain itu warga negara Indonesia harus bisa menggunakan pancasila sebagai filter budaya asing yang masuk ke Indonesia.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk menghadapi dampak globalisasi perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya melalui pendidikan. Melalui pendidikan yanf optimal, bangsa Indonesia dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat bersaing di kancah internasional. Selain itu, dengan pendidikan masyarakat bisa memilih dan memilah hal baik dan buruk yang bisa diterima dan diterapkan dalam kehidupan.
  3. Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat
  4. Meningkatkan jiwa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme
  5. Melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah
  6. Menjaga keasrian objek wisata daman negeri
  7. Mendorong dan mendukung upaya pemerintah untuk mendesak Negara maju agar memberikan dana perbaikan lingkungan hidup dan memperjuangkan keadilan antarnegara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: